Kamis, 20 Mei 2010


Obat Hati

Memohonlah kepada Allah supaya memperbaiki hati dan niatmu, karena tidak ada sesuatu yang paling berat untuk kau obati selain keduanya. Ketika hatimu sedang menghadap (Allah) maka seketika mungkin untuk berpaling, maka ketika menghadap itulah engkau harus merampasnya supaya tidak berpaling. (Uwais al Qarni/ Bahjatul Majalis, Ibnu Abdil Barr)
Arti Raut Muka

Tidaklah seseorang menyembunyikan sesuatu, melainkan Allah akan menampakkannya melalui raut mukanya dan ketergelinciran mulutnya. (Utsman bin ‘Affan/al Adab asy Syar’iyyah, Ibnu Muflih)

Takabbur

Tidaklah aku melihat seseorang yang takabbur terhadap yang berada dibawahnya melainkan dia ditimpakan oleh Allah kehinaan melalui orang lain yang lebih tinggi darinya.(Abu Hatim al Basati/ Raudhatul ‘Uqala’, Ibnu Hibban)

Cinta Dunia

Aku tertawa (heran) kepada orang yang mengejar-ngejar dunia padahal kematian terus mengincarnya, dan kepada orang yang melalaikan kematian padahal maut tak pernah lalai terhadapnya, dan kepada orang yang tertawa lebar sepenuh mulutnya padahal tidak tahu apakah Tuhannya ridha atau murka terhadapnya. (Salman al Farisi/Az Zuhd, Imam Ahmad)

Cinta Dunia

Sesungguhnya apabila badan sakit maka makan dan minum sulit untuk tertelan, istirahat dan tidur juga tidak nyaman. Demikian pula hati apabila telah terbelenggu dengan cinta dunia maka nasehat susah untuk memasukinya. (Malik bin Dinar/Hilyatul Auliyaa’)

Kebaikan

Rasulullah bersabda :“ Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka baginya seperti pahala yang melakukannya” (HR. Muslim)


  • Wanita shalelah itu perhiasan yang indah, ia lembut tapi tidak lemah, mempesona tapi tetap bersahaja. Ia tahu bagaimana menjaga diri dan keluarga, mengerti bagaimana menjaga akhlak dan kemuliaannya. Ilmunya telah mengangkatnya ke derajat yang lebih dari wanita lain. Mendampinginya merupakan anugerah terindah (Abu Mushab)

  • Musibah yang diterima dengan sabar – hanya mengharap – ridha Allah semata, adalah lebih bagimu daripada nikmat yang membuatmu lupa kepada-Nya Tidak ada harga untuk waktu, tapi ia sangat berharga. Memiliki banyak waktu tidak menjadikan kitakaya, tapi menggunakannya dengan benar adalah sumber kekayaan


  • Kesuksesan itu bukan berapa banyak harta kita kumpulkan, tapi kesuksesan adalah berapa banyak harta yang bisa kita sedekahkan

  • Empat hal yang dipandang sebagai ibu : Ibu dari segala obat adalah sedikit makan. Ibu dari segala adab adalah sedikit bicara. Ibu dari segala ibadah adalah takut dosa. Ibu dari segala cita-cita adalah sabar.

  • Kecantikan bukanlah pada pakaian, bentuk tubuh dan cara dia menyisir, tapi pada matanya; cara dia memandang dunia. Di sana terdapat gerbang menuju setiap hati manusia dimana cinta dapat berkembang. Kecantikan bukan karena kehalusan wajahnya tapi kecantikan murni yang terpancar pada jiwanya yang dengan tulus hati memberikan perhatian dan cinta. Dan kecantikan itu akan tumbuh sepanjang masa.

  • Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi acapkali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita

  • Masa depan yang cerah selalu tergantung pada masa lalu yang dilupakan. Kita tidak akan dapat hidup dengan baik jika tak mampu melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.

  • Kita hidup sendiri. Bermasalah sendiri. Berbahagia juga sendiri. Andai orang lain mengatakan : “Aku tau yang kau rasakan”, itu hanya ada di bibirnya. Ia tak akan merasakan secara tepat apa yang kita rasa, ia hanya mencoba memahami. Karenanya, perbaiki hidup. Hanya kita yang bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri.

  • Ketampanan dan kecantikan hanyalah casing, diri kita yang sebenarnya diukur dari seberapa baik kita meletakkan orang lain di hati. Makin baik posisi banyak orang lain di hati kita, makin mempesona diri kita bagi mereka, meski wajah kita tak mendukung untuk berada di posisi itu.

  • Lupa, adalah salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Tak terbayang jika segala kesalahan, duka dan kesedihan sejak kita lahir hingga kini tak luput dari ingatan. Sedetik pun pasti tak akan ada senyum di bibir, yang ada hanya luka yang tak pernah sirna. Bersyukurlah jika lupa.

  • Kecantikan wajah hanyalah masalah waktu. Ketika usiamu sudah 40 tahun, yang ada hanyalah satu demi satu keriput di pipi. Segala macam kosmetik kecantikan pun tak akan mampu membantumu keluar dari itu. Kecantikan sejati ada di hati, tak butuh banyak cara untuk merawatnya, hanya ada sebuah perintah : jadilah orang baik! Dan kecantikan itu akan melekat bagimu, selamanya.

  • Jangan terlalu risau dengan umur kita, karena yg patut dirisaukan adalah nilai dan manfaatnya. Umur bukan masalah waktu, namun umur adalah masalah manfaat

  • Kadang aku meminta kupu-kupu, tapi Tuhan mengirimkan ulat berbulu. Kadang aku meminta bunga yang indah, tapi Tuhan mengirim kaktus berduri. Aku sedih dan kecewa. Tapi ternyata ulat itu berubah menjadi kupu-kupu, dan kaktus itu berbunga, indah sekali. Tuhan tak selalu memberi apa yang kita inginkan, tapi Ia memberi apa yang kita butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar